Bravo Morales...

Tahun kemarin, kudengar dan kubaca dari berbagai media
Kalau kamu menjadi pimpinan aksi yang dilakukan berhari-hari
bersama suku-suku indian dan rakyat miskin lainnya dinegaramu
dengan satu tuntutan bahwa tak satu negara atau bangsapun
yang berhak mengatur serta mendikte bangsamu
maka kau teriakkan: LAWAN ATAU MATI TERJAJAH

Beberapa bulan kemarin, aku turut bahagia mendengar dan membaca
Perjuanganmu bersama rakyat miskin di negaramu berhasil
meluluhlantahkan kepongahan imperium penjajah
yang duduk diatas singgasana bangkai kemiskinan dan kemelaratan

Masih dibulan yang sama, aku kembali tersenyum saat mendengar dan membaca
upacara adat Suku Indian untuk merayakan kemenanganmu menjadi presiden
dan tentunya kemenangan rakyat miskin disegala penjuru
yang terus berupaya bangkit dari keterhisapan

beberapa minggu kemarin, aku kembali tersenyum bangga
kudengar dan kubaca  engkau enggan dipanggil “Pak Presiden” karena terlalu formal ungkapmu
kau lebih memilih disapa dengan “ Comrade Presiden” atau “Bung Presiden”
dan katanya kau begitu serius bekerja dan membenahi negaramu
hingga kau harus bekerja dari pagi hingga larut malam
bagimu itu biasa tentunya karena darah kelas pekerja yang terkenal dengan keuletannya
begitu mengalir deras ditubuhmu

tapi aku tak ingin terlalu bangga dengan keberhasilanmu
aku takut mesti kecewa lagi seperti beberapa tahun kemarin
saat kawanmu disebelah negaramu yang terpilih menjadi pemimpin
namun akhirnya juga menggadaikan kemenangan yag diraih
dengan perasan keringat dan cucuran darah rakyat miskin

kita belum pernah bertemu dan bahkan aku baru mndengar namamu tahun kemarin
dan namamu semakin akrab ditelingaku beberapa bulan kemarin
dan aku semakin yakin kalalu aku sangat ingin berkawan denganmu
ketika minggu kemarin kubaca dan kudengar berita tentangmu

puisi ini sangat ingin kubacakan didepanmu dan dihadapan rakyatmu
dan kalau itu terwujud suatu saat, maka setelah membaca puisi ini
akan kujabat erat tanganmu dan akan kuceritakan kekejian penguasa dinegaraku
dan tak lupa kukisahkan keuletan rakyat miskin dinegara ini
yang juga ingin bangkit merdeka seperti yang engkau dan rakyatmu perjuangkan
dan tak lupa aku akan mengingatkanmu untuk menjaga kesehatan
karena perjuangan masih sangat panjang
terakhir, salamku buat kawanmu Castro, Chavez dan siapapun yang memilih untuk berbeda
Hasta La Victoria Siempre...

2 Maret 06
Dirumah, dengar lantunannya Om Bob
_bapakmaha_

Komentar

Postingan Populer