hey comrade kecil….

Ide ini dari comrade bobhy, bapakmu. Dia ingin kami menulis untukmu tentang bangsa ini, tentang apa yang terjadi untuk kelak kamu baca. Agar kamu tak terkejut dengan bangsa yang akan kamu tinggali dan mungkin ratapi.
Kami tidak ingin mengajarimu mencaci tapi suatu saat kami harap kamu mengerti bahwa tulisan yang mungkin kebanyakan berisi cacian dan kekecewaan memang pantas kami lontarkan apalagi saat ini. Saat harga mencapai langit dan kami rakyat miskin tetap ada di bumi. Melihat harga membumbung dan menenggelamkan kemiskinan di Negara ini.
Kami juga tidak ingin mengajarimu cengeng, karena tulisan-tulisan ini mungkin berisi kesedihan yang sebagian diratapi oleh banyak orang. Kami hanya ingin mengjarimu untuk belajar. Belajar melihat masa lalu agar bisa kamu ceritakan pada teman-temanmu. Bahwa ada sejarah seperti ini yang terjadi dan itu ditulis jelas oleh ibu bapakku, karena mungkin buku sejarah tidak berani mencatatnya.
Ya…, dengan harapan…,di suatu pagi kamu akan bangun dan tersadar bahwa kamu lahir di republic yang diselubungi masalah seperti kabut yang menyelubungi kendari di pagi-pagi buta. Lalu, setelah sadar mungkin kamu akan tertidur lagi.., lalu bukan besoknya, bukan lusa, bukan minggu depannya tapi lalu satu pagi berikutnya kamu akan terbangun dan berkata
“saya harus melakukan sesuatu”
Kami hanya ingin itu. Rasanya tidak fair jika kami terlalu mengimpikan kamu untuk berdiri di garda depan, memegang mikrofon dan memimpin ribuan massa dan berteriak “REVOLUSI”. Rasanya terlalu pagi…, dan aku yakin kamu punya cara sendiri untuk melakukannya.
Kami percaya, sejak dini kami teriakkkan padamu pemberontakan. Mungkin kelak kata tidak akan kamu layangkan pada kami tapi tak apa jika nantinya itu akan berujung pada pemberontakanmu yang sesungguhnya. 
Kami hanya ingin melihatmu tumbuh, sehat gagah, cerdas, dna tentunya punya mimpi. Sayang dan cinta kami untukmu yang masih di dalam rahim….

Your comrade

(ini ditulis waktu mahatma masih nyaman di alam “rahim”…ini seperti preambule untuk mini project buat maha yang belum bisa kami lanjutkan)

Komentar

Postingan Populer