Tantangan Bapak dan Lima Lagu yang Menemani Saya Belajar Akhir-Akhir Ini

Beberapa bulan terakhir ini saya sangat senang mendengarkan musik dari aplikasi streaming di gawai. Saya juga banyak menghabiskan waktu luang menonton music video dan live performance band yang saya suka lewat televisi di ruang keluarga.

Karena itu pagi ini bapak memberikan saya tantangan untuk menuliskan 10 lagu yang saya sering dengar belakangan ini. Ternyata memilih 10 lagu itu sulit, apalagi menuliskannya. Jadilah, saya memilih hanya 5 (lima) lagu teratas yang saya putar berkali kali bulan ini. 

Burning Down The House 

https://rb.gy/35izby
Salah satu lagu hits band New Wave asal Amerika dari album kelima mereka ” Speaking in Tongues” , Talking Heads. Tidak tahu kapan saya menemukan band ini tapi saat pertama kali mendengar lagu ini saya langsung dibuat menari dan langsung mengulik lagi tentang band ini. Ternyata mereka mempunyai concert documentary berjudul Stop Making Sense. Saya menonton performance mereka membawakan Burning Down The House di pagi hari dan saat vokal unik David Byrne terdengar, rasa kantuk yang tadinya melahap saya langsung hilang begitu saja. Ini adalah salah satu band yang saya suka nonton live performancenya karena saat live semuanya energik dan tarian unik David Byrne membuat saya ingin menari setiap kali menonton live performance mereka.

Heart in A Cage

https://rb.gy/8vxiim
Dari Talking Heads kita beralih ke band yang berhasil membangkitkan kembali garage rock the one and only The Strokes. Heart in a cage, salah satu lagu dari album ketiga The Strokes berjudul First Impression Of Earth. Pertama kali saya melihat The Strokes melalui video klip lagu Last Nite yang membuat saya speechles.  Saya tidak tahu kalau masih ada band yang mempunyai suara seperti ini, suara serak Julian Casablancas yang keren sekali dan permainan gitar Albert Hammond,Jr di lagu itu  tidak kalah keren.  Tidak tahu kenapa,  mungkin karena permainan gitar Nick Valensi di awal lagu yang ciamik, atau mungkin karena liriknya yang gloomy, saya tidak pernah bosan setiap mendengar lagu ini..

Something

https://rb.gy/8ze1m7
Sinatra pernah bilang bahwa Something adalah ”the greatest love song of the past 50 years”. Something adalah lagu dari band legendaris The Beatles.  Menurut saya semua orang tahu nama The Beatles dan karya karya mereka yang revolusioner.  Lagu Something ditulis oleh George Harrison atau yang orang bilang the”Quiet Beatle” dalam album Abbey Road. Sulit sekali untuk menentukan lagu Beatles yang mana yang saya harus taruh disini, karena hampir semua lagu The Beatles itu bagus jadi banyak sekali pertimbangan untuk ini,  Saya akhirnya memilih lagu ini karena menurut saya ini adalah salah satu lagu terbaiknya George Harrison. Dalam sehari  saya memutar lagu 2,3 kali lagu  ini. Saya tidak pernah bosan  mendengarkan melodi gitar George Harrison dan lirik romantis yang manis untuk Pattie Boyd. Banyak sekali lagu The beatles yang sering saya dengar dan ingin saya masukkan di list ini namun aturannya (yang saya buat  sendiri) one band, one song.  Lagu ini mewakili lagu cinta terbaik yang paling sering saya dengar. 

Who Loves The Sun

https://rb.gy/925raj
Lagu dari band yang diabaikan pada waktu debut mereka namun sekarang menjadi band yang sangat berpengaruh dan bahkan banyak band band besar yang terinfluence dari mereka. Yups betul, Velvet Underground. Lagu satu ini berasal dari album keempat mereka “Loaded”.  I’m Sticking With You adalah lagu pertama dari band ini yang saya dengar saat masih kecil, karena ibu sering menyanyikan lagu ini untuk saya.  Saat itu saya belum tahu lagu itu lagu siapa. Tapi bisa dibilang pengenalan pertama saya dengan band ini Namun, Who Loves The Sun yang membuat saya ingin mengenal band ini

Who loves the sun?

Who cares that it makes plants grow?

Who cares what it does

Since you broke my heart?

Setelah membaca lirik ini saya terkejut karena ternyata ini adalah lagu patah hati Liriknya yang sedih dibalut dengan musik yang menyenangkan Saya tidak tahu bagaimana menjelaskan perasaan saya saat pertama kali mendengarkan lagu ini, pokoknya ini menjadi salah satu lagu yang wajib saya dengar setiap hari. 

Freak Scene

https://rb.gy/hokt6w
Lagu dari band indie rock Amerika Dinosaur Jr. ini merupakan lagu dari album ketiga mereka BUG. Saat saya sedang membuka youtube, saya melihat video biografi tentang sebuah band bernama Dinosaur Jr. Itulah pertemuan pertama saya dengan band ini. Setelah menonton video itu, saya langsung mendengarkan lagu mereka. dan setelah mendengar mereka saya kira mereka adalah band alternative rock karena suara distorsi gitar dan lead gitar J Mascis yang gila abis. Walau suara J Mascis yang kedengarannya kurang bersemangat namun saya tetap suka dengan lagu lagu mereka apalagi yang satu ini tidak sepanjang Start Choppin” yang juga saya suka tapi feelnya sama menurut saya.

Ini 5 lagu yang menemani saya belajar akhir akhir ini, juga sekaligus menjadi sumber belajar yang sangat menyenangkan

15 Nov 2023. Mahatma Ali El Gaza

Komentar

  1. Alasan dan ulasannya sama kerennya. Good job Maha. Teruslah menulis

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer