Sambutan Ketua Panitia Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Bosowa “Sirkular” 2023

Bismillahirrahmanirrahim

Yang saya hormati Founder Bosowa, Bapak H. Aksa Mahmud, yang diwakili oleh Bapak H. Baharuddin Rachim 

Yang saya hormati Ibu Hj. Melinda Aksa, Ketua Umum Yayasan Aksa Mahmud, yang diwakili oleh Bapak H.Asrul Hidayat, Ketua BPH Yayasan Aksa Mahmud, serta jajaran Yayasan Aksa Mahmud.

Yang saya hormati Rektor, Vice Rector, Guru Besar dan seluruh jajaran Senat Universitas Bosowa,

Dan yang saya cintai serta saya banggakan, kawan-kawan, seluruh mahasiswa baru Universitas Bosowa Tahun Akademik 2023/2024

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji Syukur dan Shalawat.

Saat konferensi pers terkait perubahan iklim di Kantor Pusat PBB di New York pada 27 Juli 2023, Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres memberikan pernyataan yang menggemparkan bahwa dunia telah melampaui era pemanasan global (global warming) dan kini memasuki masa pendidihan global (global boiling). Pernyataan Guterres merujuk pada laporan The World Meteorogical Organization (WMO) and the European Commision’s Climate Change Service yang menyatakan bahwa Juli 2023 sebagai bulan terpanas dalam sejarah dunia. Kecemasan tentang dunia yang semakin terjerembab dalam krisis lingkungan yang akut tentu tidak hanya dirasakan Guterres tapi telah menjadi histeria kolektif dimana kita semua ikut merasakannya. 

Namun ditengah histeria tersebut, gelombang gerakan global hingga akar rumput yang berusaha menunjukkan bahwa selalu ada harapan ditengah kecemasan juga menjelma menjadi kekuatan global yang jumlahnya tak pernah ternyana sebelumnya. Dan menariknya karena gelombang tersebut lahir dari gerakan anak muda generasi Z yang sayang sering dianggap sebagai biang keladi masalah karena mereka dianggap sebagai generasi yang malas dan berbagai stereotipe sepihak yang dangkal dan cenderung hanya mencari kambing hitam. Mereka datang dengan inovasi dengan mengandalkan media sosial dan segala kemudahan era digital untuk merancang inovasi perubahan yang dalam banyak kesempatan justru menjadi terang ditengah kealpaan otoritas. Tak percaya, lihatlah fenomena Pandawara yang viral di tiktok itu. 

PKKMB UNIBOS 2023 berupaya menjadi bagian dari asa tersebut. Kami bersepakat menamai inisiatif ini dengan nama SIRKULAR, akronim dari Sesi Orientasi Kehidupan Perkuliahan dan Lingkungan Belajar yang juga merupaka sebuah istilah yang diadopsi dari studi ekonomi sirkular yang menekankan pada pentingnya keberlangsungan lingkungan hidup dan bertujuan agar sumberdaya yang dimiliki saat ini dapat dikelola optimal dan turut bermanfaat bagi generasi mendatang. 

Etos ini menjadi semangat PKKMB UNIBOS 2023 yang diwujudkan dalam bentuk tata kelola sampah selama pelaksanaan dua hari pelaksanaan PKKMB. Untuk merealisasikannya, kami mengajak para volunteer yang datang dari semua fakultas di Universitas Bosowa. Mereka tergabung dalam Sobat Pilah Sampah yang akan bersama-sama mengelola sampah yang dihasilkan selama PKKM  dan memastikan hasil pilah sampah tersebut dapat diolah kembali. Aktivitas ini melibatkan dua start up yaitu Mall Sampah dan Rappo.id yang selama ini concern dalam isu sampah dan socioenterpreneurship. Para Sobat Pilah Sampah juga mendapat coaching dari Mall Sampah sebelum melaksanakan aktivitas pilah sampah. Kami tentu tak muluk-muluk dapat merubah pola perilaku dalam dua hari tapi semoga langkah kecil ini dapat menginspirasi siapa saja dan kemudian memilih menjadi solusi ditengah krisis lingkungan hari ini. Serta mengembalikan marwah kampus sebagai ladang inspirasi dan solusi.

Selama dua hari ini, mahasiswa baru akan menerima beragam pengetahuan dan informasi dan dikemas secara interaktif dan partisipatif. Kreativitas juga menjadi kata kunci penting dalam PKKMB tahun ini. Beragam suguhan kreatif dan artistik akan mewarnai pelaksanaan SIRKULAR 2023 khususnya di hari kedua saat pelaksanaan UNIBOS FAIR. Selaian akan ada booth UKM dan Fakultas, juga akan diisi oleh penampilan dari mahasiswa baru, teman-teman PMM dan akan menghadirkan Kapal Udara sebagai bintang tamu.

PKKMB tahun ini juga kami upayakan untuk mengaktivasi potensi yang dimiliki oleh mahasiswa baru, khususnya di bidang seni. Sehingga mereka tidak hanya menjadi “yang disambut” tapi juga menjadi bagian penting dari proses penyambutan ini. Dengan serius kami melakukan talent scouting atau penjajakan bakat seni calon mahasiswa baru melalui media sosial universitas dan hasilnya akan dapat kita nikmati dalam dua hari pelaksanaan PKKMB ini. Melalui inisiatif ini, kami berusaha untuk menjadikan kampus sebagai ruang yang nyaman dan aman untuk berkreasi dan beraktivitas. Selain itu, kami berharap bahwa pengembangan kreativitas mahasiswa tetap menjadi pokok perhatian dalam pengembangan universitas.

Selanjutnya, kami juga berupaya agar PKKMB tahun ini memberikan ruang yang aman dan nyaman bagi semua. Untuk urusan medis misalnya, tahun ini kami menyediakan ruang medis khusus yang berisi fasilitas hasil kolaborasi dengan berbagai pihak. Selain itu, kami juga menyediakan water station yang memungkinkan panitia dan peserta PKKMB dapat mengisi ulang air minum melalui tumblr. Kami juga berupaya agar PKKMB menjadi ruang yang aman bagi siapa saja untuk menyampaikan gagasan tanpa memandang latar belakang suku, agama maupun preferensi politik selama disampaikan dengan santun dan saling menghargai. 

Tentu masih banyak kekurangan dalam pelaksanaan PKKMB tahun ini, tapi kami tentu harus berterima kasih sebesar-besarnya para pihak yang memungkinkan kegiatan ini dapat terlaksana.

1.  Yayasan Aksa Mahmud yang tidak hanya memberikan dukungan dana, namun yang terpenting karena kami diberikan ruang yang begitu terbuka an hangat untuk berbagi dan berdiskusi tentang konsep PKKMB tahun ini.

2.  Rektor Universitas Bosowa dan jajarannya yang punya caranya sendiri untuk memberi tantangan kepada kami yang lebih muda untuk belajar. Dan memberi keleluasaan dalam merumuskan konsep hingga pelaksanaan PKKMB.

3.  Wabilkhusus terima kasih tak terhingga kepada seluruh panitia SIRKULAR 2023 dan para pihak yang telah membantu dan bekerja sangat keras namun tetap bergembira untuk menghadirkan kegiatan penyambutan mahasiswa baru yang semoga membuka ruang belajar dan berbagi dan semoga menggembirakan. You Guys Rock!

4.  Dan terakhir, kepada seluruh kawan-kawan mahasiswa baru 2023 yang karena kalian semua kemungkinan-kemungkinan yang sampai beberapa minggu lalu tak pernah terpikirkan akhirnya dapat terwujud hari ini. 

Akhirnya, seperti sedianya sebuah penyambutan, SIRKULAR 2023 ini adalah uluran tangan kami kepada kawan-kawan mahasiswa baru 2023 untuk bersama-sama berlayar menemukan beragam kemungkinan-kemungkinan baik di kampus Universitas Bosowa. Tentu tak akan selalu mudah, tapi bukankah pelayar yang handal tidak lahir dari ombak yang tenang!

Terima kasih sekali lagi untuk kesempatan berharga ini. Mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan. 

Let’s make a better world! 

Billahi taufiq walhidayah Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Komentar

Postingan Populer